DUNIA ANAK-ANAK

Hal-hal yang harus diwaspadai saat anak nonton TV

Ketika kita sedang sibuk, mau beres-beres rumah, apa yang kita lakukan untuk si kecil? Apa yang kita berikan untuk si kecil agar dia anteng? Agar si kecil tidak ribut/nangis ketika ditinggal beres-beres rumah?
Mungkin salah satu dari sekian banyak jawaban, salah satunya adalah distelkan TV. Bener? Menurut American Academy of Pediatrics (Organisasi Dokter Anak di AS), anak-anak di bawah dua tahun tidak boleh menonton televisi. Namun tidak sedikit orangtua yang terkadang membiarkan balita-balita mereka ikut menonton acara televisi favorit. Sebenarnya sudah banyak penelitian yang menyebutkan dampak buruk televisi pada anak-anak. Kita sebagai orangtua, harus mewaspadai anak atau si kecil saat menonton televisi.
>>>read more…..

Tips Mengatasi Anak yang Bertengkar

Anda pernah melihat anak-anak bertengkar? Atau malah tiap hari melihatnya? Bagaimana cara mengatasi anak yang bertengkar?
Kadang lucu juga melihat anak-anak bertengkar, jadi ingat masa kecil, bertengkar dengan kakak atau adik, rebutan mainan, atau ketika sedang belajar diganggu sama adik, di ambil pensilnya, dsb. Tapi kalau anak-anak bertengkar sampai kelewat batas, ya orang tua mesti turun tangan, melihat mereka bertengkar jangan dibiarkan saja. Ada kalanya membiarkan mereka bertengkar, hingga akhirnya mereka baikan lagi, saling minta maaf dan kembali main bersama-sama lagi ada rasa senang. Ternyata anak-anak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri, Bukan sedikit-sedikit mengadu ke orang tua, jadi anak cengeng, dsb.
>>>read more…..

Anak Bermain Kotor? Boleh atau tidak?

Artikel Bermain pasir, yuk! disini dengan komentar masuk yang sedikit ‘ramai’ membuatku berpikir ulang. Yang pertama, aku hidup dimana sih? Kadang lupa kalau pengunjung blog ini sebagian besar berasal dari Indonesia. Dan artikel disini kadang berisi sharing pengalaman sehari-hari masalah anak-anak disini atau malah anak-anakku sendiri. Terbiasa dengan lingkungan yang bersih, tertib, coret-coretan pylox (cat warna-warni) di tempat umum jarang sekali aku temukan bahkan tidak ada, juga musim yang bisa dikatakan hanya musim dingin dan musim panas, jarang ada hujan. Anda semua tahu kan, kalau hujan sering menimbulkan lumut? Nah disini, karena jarang sekali turun hujan, lumut hampir tidak ada, arena bermain tidak berlumut (tapi kalau sedang musim debu ya jadi berdebu). Bisa dikatakan disini udaranya kering, tidak lembab. Jadi melepas anak-anak bermain di tempat bermain atau di taman tidak begitu khawatir.
>>>read more…..